My Live, My Love, My Story

Senin, 16 April 2012

"Peran Komunikasi dalam Penyelesaian Permasalahan Bangsa"

Dekan Fikom Unpad, Prof Deddy Mulyana MA., Ph.D memaparkan peran komunikasi dalam penyelesaian permasalahan bangsa didamping, dua pembicara lain yaitu Yudi Latif MA., Ph.D dan Prof Mudji Soetrisno MA., Ph.D dalam seminar nasional Aspikom di Hotel Gumi

Bandung, 15 Maret 2012 Komunikasi bukan sekedar cara transform informasi tetapi merupakan tatanan budaya. Banyak masalah yang dapat dan tidak dapat dipecahkan karena kesalahan komunikasi, papar Prof. Dr. Bagir Manan, SH, MCL, Ketua Dewan Pers yang menjadi keynote speaker dalam seminar nasional Membangun Reputasi Pendidikan Ilmu Komunikasi di Indonesia dalam Penyelesaian Permasalahan Bangsa di Hotel Gumilang Regency, Jl dr. Setiabudi no 323 325 Bandung, Rabu (14/3)

Bagir juga menekankan potensi berkembangnya ilmu komunikasi sangat tidak terbatas, akan tetapi dalam prosesnya menghadapi beberapa kesulitan, yaitu : pertama sistem pengajaran yang belum sepenuhnya scientific, namun tidak sepenuhnya scientific dikarenakan para pengajar atau dosen tidak terdiri dari orang-orang yang sejak awal ingin jadi ilmuwan.

Kedua, keterbatasan penelitian ilmiah yang disebabkan oleh kualitas penelitian yang tidak berkembang baik karena keterbatasan anggaran, respon utama dari pemerintah akan penelitian masih rendah, publikasi hasil penelitian yang kurang, campur tangan yang birokratik, serta penelitian ilmiah selalu menekankan pada manfaat praktis. Ketiga, keterbatasan bahan penelitian yang umumnya terdiri dari bahan-bahan penelitian berbahasa asing sehingga minat baca akan bahan tersebut masih rendah. Dan keempat, keterbatasan textbook (buku teks) karena keterbatasan bahan berbentuk buku sehingga tidak terdorongnya peneliti mencari penelitian baru.
Seminar yang dihadiri oleh lebih dari 150 orang ini dari perwakilan perguruan tinggi penyelenggara program studi ilmu komunikasi seluruh Indonesia juga menghadirkan beberapa pembicara lain, yaitu Prof Deddy Mulyana, MA., Ph.D, Prof Mudji Sutrisno, MA., Ph.D, Yudi Latif, MA., Ph.D, Noke Kiroyan, Dr Susanne Dida, dan Dr Eddy Kurnia.
Komunikasi merupakan inti dari keberhasilan dan kegagalan permasalahan bangsa ini, terkait di dalamnya dengan permasalahan SARA. ujar Prof Mudji Sutisno. Menurutnya, unsur SARA merupakan topik yang sensitif, sehingga penyampaian pesan yang berkaitan dengan unsur SARA memerlukan strategi khusus. Selain itu, pembenahan permasalahan bangsa harus dijalankan dengan prinsip local genius (pendidikan) dan local wisdom (agama), untuk itu institusi pendidikan berperan penting bagi penyelesaian permasalahan bangsa.
Yudi Latif pun memaparkan relevansi ilmu komunikasi dengan masyarakat demokrasi sekarang ini, masyarakat demokratis akan sangat ekspresif dan komunikatif. Saat ini, parlemen Indonesia kurang mengoptimalkan fungsi public opinion polling-nya sehingga masyarakat demokratis masih sulit terfasilitasi.
Sementara itu, Prof Deddy Mulyana, MA., Ph.D yang juga Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad memaparkan inti dari komunikasi adalah kesadaran yang dikomunikasikan secara verbal dan nonverbal bukan kata-kata melainkan tindakan nyata yang konsisten. Unsur paling penting dari reputasi lembaga adalah kredibilitas. Piramida kultur akademis ~ integritas adalah suatu landasan. Upaya-upaya membangun reputasi fakultas yaitu dipimpin oleh leader bukan manajer, S3 dari berbagai Negara, menciptakan iklim akademis yang kondusif, kurikulum berbasis integritas dan berbasis akhlak
Ketiga pembicara lain dalam sesi II memaparkan praksis komunikasi dalam perspektif pengalaman, Dr Susanne Dida memaparkan praksis komunikasi dalam dunia kesehatan, Noke Kiroyan dalam memaparkan praksis komunikasi dalam industri pertambangan, dan Dr Eddy Kurnia dalam industri telekomunikasi.
Hari ini, Kamis (15/3) kegiatan dilanjutkan dengan agenda rapat kerja nasional (rakernas) yang memaparkan laporan tahunan kegiatan aspikom dan rencana kerja selanjutnya. Aspikom adalah sebuah asosiasi penyelenggara perguruan tinggi ilmu komunikasi yang anggotanya terdiri atas lembaga lembaga yang menyelenggarakan program studi ilmu komunikasi dari seluruh Indonesia. (Akoz)]

1 komentar:

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Me ^^

Me ^^
I LOVE FIKOM UNPAD

UNPAD - Fikom

Diana Lidya Ekaputri. Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog

PAPI - MAMI

PAPI - MAMI
Mereka adalah orang yang paling aku cintai didunia ini.. Aku pasti akan membahagiakan mereka dan menempatkan mereka di kursi kehormatan !

LATEST POSTS

Recent Posts

TKD

PEJABAT

PEJABAT
Pelajar Mantab IPA Empat

TKD

TKD

Copyright © Diana Lidya Ekaputri | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com